Tentang Si Nuklir


Saat ini Negeri Sakura, Jepang tengah dilanda bertubi-tubi masalah. Setelah goncangan gempaberkekuatan 8.9 SR dan ditambah dengan adanya ledakan dari kebocoran reaktor Nuklir di Fukushima. Dan dikonfirmasi kan ada 22 orang yang positif terkontaminasi radio aktif nuklir tersebut.

Mari kita lebih mengenal tentang si Nuklir ini yuk…

Apa sih Senjata Nuklir itu sendiri…?

Senjata nuklir adalah senjata yang mendapat tenaga dari reaksi nuklir dan mempunyai daya pemusnah yang dahsyat – sebuah bom nuklir mampu memusnahkan sebuah kota. Senjata nuklir telah digunakan hanya dua kali dalam pertempuran – semasa Perang Dunia II oleh Amerika Serikat terhadap kota-kota Jepang, Hiroshima dan Nagasaki.

Dari sempilan info diatas, Nuklir tentunya berbahaya sekali. Tapi kenapa masih ada Negara yang mau mengolah dan mengujinya?

Beberapa negara membangun PLTN (Pusat Tenaga Nuklir) karena memang tidak punya pilihan lain,  disebabkan sumber energi mereka terbatas.

Bahkan santer kabar bahwa adanya oknum tak bertanggung jawab yang memperjual-belikan  formula nuklir tersebut kepada sejumlah negara yang mengalami krisis dan gencatan Politik (macam Iran dan Korea Utara gitu…).

Dari  kabar yang tersiar di Indonesia juga akan dibangun PLTN, Nuklir justru bisa membebani karena Indonesia belum bisa mengolah uranium sendiri. Padahal Indonesia punya iklim yang memungkinkan matahari bersinar sepanjang tahun, angin berhembus setiap saat. Nuklir justru bisa membebani karena Indonesia belum bisa mengolah uranium sendiri

Manfaat Tenaga  Nuklir…?

Selain untuk pembangkit listrik, teknologi nuklir juga digunakan dalam dunia kesehatan terutama di bidang kedokteran nuklir. Pemanfaatan radioisotop mempermudah para dokter menemukan lokasi kanker tanpa harus membedahnya, sekaligus untuk membunuh sel-sel kanker lewat radioterapi.

Radioisotop juga dipakai untuk mensterilkan alat-alat kedokteran dari berbagai kuman penyebab penyakit. Teknologi ini biasanya digunakan untuk alat-alat kedokteran yang tidak tahan terhadap panas tinggi atau mudah bereaksi dengan senyawa kimia dalam cairan pembersih yang digunakan.

Apa efek terkena dampak radiasi?

Dampak radiasi nuklir juga tidak selalu muncul seketika. Adakalanya dampak serius seperti kanker baru akan muncul beberapa tahun kemudian, sehingga tidak bisa diantisipasi sejak dini karena memang tidak disadari oleh korban yang terpapar radiasi.

Apabila ada makhluk hidup yang terkena radiasi atom nuklir yang berbahaya biasanya akan terjadi mutasi gen karena terjadi perubahan struktur zat serta pola reaksi kimia yang merusak sel-sel tubuh makhluk hidup baik tumbuh-tumbuhan maupun hewan atau binatang.

Hasil yang didapat sampai saat ini adalah

Dampak Jangka Pendek:

  1. Mual muntah
  2. Diare
  3. Sakit kepala
  4. Demam.
  5. Pusing, mata berkunang-kunang
  6. Disorientasi atau bingung menentukan arah
  7. Lemah, letih dan tampak lesu
  8. Kerontokan rambut dan kebotakan
  9. Muntah darah atau berak darah
  10. Tekanan darah rendah
  11. Luka susah sembuh.
  12. Nafsu makan berkurang atau hilang
  13. Berat badan turun
  14. Meningkatnya denyut jantung atau nadi.

Dampak Jangka Panjang

  1. mutasi genetik luar biasa turun temurun. exp. Penyakit Leukimia pada bayi
  2. Perkembangan sel kanker ganas (umumnya kelenjar tiroid) yang bersifat genetik
  3. Penuaan dini
  4. Gangguan sistem saraf dan reproduksi

Apa bisa disembuhkan?

Sejauh ini para korban teradiasi (dikutip dari para korban tragedy chernobyl) yang mengidap racun merkuri lebih dianjurkan mengkonsumsi makanan organik untuk menjaga pencernaan mereka dan menjalani pemeriksaan rutin terkait radiasi yang menyerang tubuh, sehingga memicu pertumbuhan se kanker ganas. Efek dari radiasi ini terus berlanjut turun-temurun. Tapi dikabarkan dengan mengkonsumsi Yodim alami dapat menangkal radio aktif nuklir tersebut. Sehingga ssitem tubuh tidak rusak.

Nuklir terhadap Lingkungan?

Organisasi lingkungan seperti Green Pace yang merupakan penentang Tenaga Nuklir bahkan minta Indonesia “gak usah ikut-ikutan Pakai tenaga nuklir”. Pasalnya, uranium dalam kandungan nuklir tidak pernah masuk dalam kategori sumber energi terbarukan karena memang kenyataannya harus ditambang dan tidak bisa dibuat sendiri. Sumber energi yang terbarukan dan lebih disarankan oleh para pemerhati lingkungan hidup di antaranya adalah angin dan sinar matahari.

Berikut Negara yang memiliki senjata nuklir

AS Bendera Amerika Serikat

Rusia · Bendera Uni Soviet

Britania Raya Bendera Britania Raya

India · Bendera India

Pakistan Bendera Pakistan

Israel · Bendera Israel

Korea Utara Bendera Korea Utara

Jerman Bendera Jerman

KanadaBendera Kanada

Kebocoran reaktor Nuklir di Jepang sendiri dikhawatirkan turut mengulang sejarah kelam TRAGEDI CHERNOBYL yang terjadi pada 26 April tahun 1986 akibat ledakan reaktor ke-empat yang ada di Chernobyl. Ledakan terjadi saat dilakukan sebuah eksperimen yang sampai saat ini tidak ada penjelasan ekperimen apa yang sedang dilakukan saat itu. Radiasi akibat ledakan tersebut mengkontaminasi wilayah yang sangat luas di Ukraina, Belarus dan Rusia.

 

Chernobyl salah satu kota mati berpolusi radio aktif didunia

 

Ledakan bom yang konon kuatnya 400 kali lebih besar dibanding ledakan bom Hiroshima itu masih dirasakan oleh banyak orang. Negara Belarus, negara yang paling besar menanggung dampak ledakan (60%), masih banyak yang bernasib sama, atau malah lebih tragis, meninggal karena berbagai macam penyakit.

Belum lagi, banyak terjadi keanehan akibat mutasi gen, seperti stroberi yang berbuah segedhe melon, ayam berkepala dua dan sebagainya. entah bagaimana efek mutasi gen bagi manusia, sebab sengaja ditutup-tutupi oleh pemerintah Rusia.

Chernobyl akhirnya ditutup pada 2000 lalu.

Inilah potret mutasi genetik tragedy chernobyl yang memilukan itu teman… (sebenarnya aku gak tega ngeliatnya….) cry

 

bayi berkepala dua akibat mutasi genetik

 


 

 

Semoga tragedi memilukan ini tak terjadi lagi… sad

Teman-teman silakan beri komentar kalian ya…

Source: Wikipedia-detik.com-kaskus.us-tempo

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: